Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL Prodi) atau Program Learning Outcomes (PLO)
CPL Program Studi S3 ilmu Keolahragaan atau Program Learning Outcomes sesuai dengan KKNI level 9 dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan hasil dari kesepakatan Tim Pengembang Kurikulum program studi dirancang sebagai berikut :
Parameter Deskripsi | Capaian Pembelajaran Prodi (Program Learning Outcomes/PLO) |
sikap | Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang ilmu keolahragaan secara profesional (S1) (PLO-1) |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dalam bidang ilmu keolahragaan secara mandiri (S2) (PLO-2) | |
Pengetahuan | Menguasai “state of the arts” ─ filosofi, teori, konsep, dan riset terbaru dalam bidang Ilmu Keolahragaan (P1) (PLO-3) |
Menguasai keilmuan terkait metode penelitian, pengembangan instrumen, tes dan pengukuran serta analisis dalam bidang ilmu keolahragaan yang bersifat interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin. (P2) (PLO-4) | |
Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang keolahragaan. (P3) (PLO-5) | |
Menguasai konsep dan strategi menyampaikan dan mempertahankan gagasan, temuan, dan hasil penelitian dalam ilmu keolahragaan pada forum akademik dan publik (P4) (PLO-6) | |
Keterampilan Umum | Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam bidang ilmu keolahragaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif. (KU1) (PLO-7) |
Mampu mengembangkan penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen dalam bidang ilmu keolahragaan yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan publikasi ilmiah yang diterbitkan di jurnal internasional bereputasi (KU2) (PLO-8) | |
Mampu mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya dalam bidang ilmu keolahragaan pada sasaran yang lebih luas (KU3) (PLO-9) | |
Keterampilan Khusus | Mampu mengembangkan keilmuan dalam bidang analisis performa olahraga melalui pendekatan ilmiah berdasarkan pemikiran yang kritis, logis, dan kreatif (KK1) (PLO-10) |
Terampil menyelesaikan masalah dalam bidang ilmu keolahragaan dengan menggunakan kaidah ilmiah dan berbasis data (evidence based). (KK2) (PLO-11) |
PEO-1 | PEO-2 | PEO-3 | PEO-4 | |
PLO-1 | ||||
PLO-2 | ||||
PLO-3 | ||||
PLO-4 | ||||
PLO-5 | ||||
PLO-6 | ||||
PLO-7 | ||||
PLO-8 | ||||
PLO-9 | ||||
PLO-10 | ||||
PLO-11 |