Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi (CPL Prodi) atau Program Learning Outcomes (PLO)

CPL Program Studi S3 ilmu Keolahragaan atau Program Learning Outcomes sesuai dengan KKNI level 9 dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan hasil dari kesepakatan Tim Pengembang Kurikulum program studi dirancang sebagai berikut :

 

Parameter Deskripsi

Capaian Pembelajaran Prodi

(Program Learning Outcomes/PLO)

sikap

Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang ilmu keolahragaan secara profesional (S1) (PLO-1)

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dalam bidang ilmu keolahragaan secara mandiri (S2) (PLO-2)

Pengetahuan

Menguasai “state of the arts” ─ filosofi, teori, konsep, dan riset terbaru dalam bidang Ilmu Keolahragaan (P1) (PLO-3)

Menguasai keilmuan terkait metode penelitian, pengembangan instrumen, tes dan pengukuran serta analisis dalam bidang ilmu keolahragaan yang bersifat interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin. (P2) (PLO-4)

Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang keolahragaan. (P3) (PLO-5)

Menguasai konsep dan strategi menyampaikan dan mempertahankan gagasan, temuan, dan hasil penelitian dalam ilmu keolahragaan pada forum akademik dan publik (P4) (PLO-6)

Keterampilan Umum

Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam bidang ilmu keolahragaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif. (KU1) (PLO-7)

Mampu mengembangkan penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen dalam bidang ilmu keolahragaan yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan publikasi ilmiah yang diterbitkan di jurnal internasional bereputasi (KU2) (PLO-8)

Mampu mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya dalam bidang ilmu keolahragaan pada sasaran yang lebih luas (KU3) (PLO-9)

Keterampilan Khusus

Mampu mengembangkan keilmuan dalam bidang analisis performa olahraga melalui pendekatan ilmiah berdasarkan pemikiran yang kritis, logis, dan kreatif (KK1) (PLO-10)

Terampil menyelesaikan masalah dalam bidang ilmu keolahragaan dengan menggunakan kaidah ilmiah dan berbasis data (evidence based). (KK2) (PLO-11)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PEO-1

PEO-2

PEO-3

PEO-4

PLO-1

 

 

 

 

PLO-2

 

 

 

 

PLO-3

 

 

 

 

PLO-4

 

 

 

 

PLO-5

 

 

 

 

PLO-6

 

 

 

 

PLO-7

 

 

 

 

PLO-8

 

 

 

 

PLO-9

 

 

 

 

PLO-10

 

 

 

 

PLO-11